logo icon

SIMAKOBU TN. SIBERUT singkatan dari Sistem Informasi Konservasi dan Budaya Taman Nasional Siberut merupakan aplikasi system informasi yang dibangun Balai TN. Siberut untuk merekam aktivitas resort dalam rangka pengelolaan berbasis resort atau Resort Base Management (RBM) pada Balai TN. Siberut.

Simakobu sendiri adalah sebutan masyarakat Mentawai untuk jenis Kera Ekor Babi (Simias concolor) yang merupakan salah satu dari empat jenis satwa primata endemik Kepulauan Mentawai dengan tingkat keterancaman tinggi (Critically endangered) menurut International Union Consevation of Nature (IUCN). Selanjutnya keberadaan masyarakat asli suku Mentawai di dalam kawasan TN. Siberut yang hidup berbagi ruang dan saling ketergantungan dalam kerangka adat dan agama leluhur mereka melalui berbagai ritual dan budaya merupakan hal yang tidak dapat kami pisahkan dari kegiatan pengelolaan TN. Siberut. Penamaan SIMAKOBU diharapkan menjadi pengingat agar kembali ke lapangan, kembali ke kawasan dalam rangka perlindungan dan pelestarian habitat SIMAKOBU dan satwa-satwa lainnya di TN. Siberut.

Semoga SIMAKOBU TN. SIBERUT menjadi spirit untuk mewujudkan pengelolaan TN. Siberut yang lebih efektif dan mencatat/mendata potensi kawasan sebagai sebuah budaya.



Salam hangat dari seberang Selat Mentawai
Tim Admin SIMAKOBU TN. SIBERUT


Admin